Sunday, July 13, 2008

TIPS MENCARI REFERRAL/DOWNLINE

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam bisnis online bentuk apapun (jualan produk, program paid to apa saja, program investasi dan program-program sejenis lainnya), peran referral atau downline sangatlah penting..

Referral (orang yang direkomendasikan untuk mengikuti suatu program) adalah nafas lain yang sangat membantu sang upline (orang yang merekomendasikan suatu program) dalam menjalankan bisnis online nya secara berkelanjutan. Tentunya ini menyangkut bertambahnya profit anda secara signifikan jika anda memiliki jumlah referral (yang aktif of kors) yang banyak..

Namun demikian, tidak mudah memang mencari referral karena mereka tidak mungkin datang begitu saja secara tiba-tiba. Semua pasti butuh proses dan waktu. Tapi yang lebih penting lagi adalah usaha serius kita dalam membangun komunikasi dan mempromosikan produk kita. Enaknya jika kita promosi secara online di internet adalah mulut kita tidak perlu berbuih-buih menjelaskan manfaat dan keunggulan produk. Cukup berikan beberapa testimonial yang nyata mengenai produk kita tersebut kemudian pasang iklan di tempat-tempat yang relevan, maka akan banyak orang melihatnya. Tapi masalah kemudian mereka jadi membeli atau sekedar lewat saja tentu masalah lain..Ingat, rejeki sudah ada yang mengatur. Tugas kita hanya berusaha semaksimal mungkin. Iya kan pren:-)

Saya cukup kaget melihat report terbaru (sampai dengan bulan Juni 2008) dari sebuah program PTS (paid to surf) yang saya ikuti. Di situ tertulis bahwa referral langsung saya cuma dua orang. Namun di level dua saya memiliki 45 orang referral, pada level tiga tercatat 22 orang dan di level empat saya memiliki 3 orang referral. Total jendral ada 72 orang referral..Saya nyaris tidak percaya karena memang merasa tidak pernah berpromosi secara berlebihan (terus menerus berpromosi via iklan gratisan, dll). Bahkan di blog saya tersebut iklan program ini cuma sebuah banner kecil kayak ogah-ogahan wakakak...

Artinya referral langsung saya yang cuma dua orang itu benar-benar aktif dalam mempromosikan program tersebut. Bayangkan jika referral langsung saya mencapai 10 orang dan aktif mempromosikan program tersebut!

Kepada dua orang referral langsung tersebut, saya memang pernah memberikan cara-cara efektif dalam mencari poin banyak untuk meningkatkan jumlah dollar di program PTS tersebut. Dan oleh yang bersangkutan ternyata cara-cara tersebut dipostingkan dalam blognya..Saya malah tidak membuat postingan tersebut karena blog saya waktu itu cuma satu dan sengaja saya khususkan untuk mengejar target ikut GA (google adsense)..Tapi ternyata malah gagal di GA dimana GA cuma menyetujui mesin pencari saja yang terpasang di blog saya dan bukan iklan konten yang lebih besar penghasilannya (sistem PPC).

Berdasarkan pengalaman tersebut ternyata mencari referral itu mudah sekaligus susah. Kenapa begitu? Mudah, jika kebetulan program yang kita ikuti sedang booming di internet. Susah, jika kita hanya sekedar berpromosi melalui blog kita tapi tidak menjelaskan secara detil mengenai kelebihan dan kekurangan serta trik-trik mendapatkan uang yang lebih besar pada program tersebut.

Referral akan melirik program yang anda tawarkan jika anda:

1.Aktif berpromosi (secara halus atau terang-terangan) di berbagai forum, milis, iklan gratisan, blog-blog orang lain (dengan cara membuat komentar pada postingan blog-blog tersebut), dan cara-cara lain yang tidak dianggap scam. Saran saya: Mulailah promosikan program anda kepada orang dan teman yang anda kenal.
2.Menjadi upline yang baik. Saya tertarik dengan postingan di website cosa tentang entertaint your downline. Cosa menulis bahwa kita perlu menjadi entertainer yang baik untuk downline kita dengan cara memelihara jaringan dan menghargai referral-referral anda. Anda bisa melakukan ini dengan cara memberikan semangat (Ayoo..Semangatt!!), memberi reward, kompensasi dan sebagainya. Namun demikian, saran saya: tetap sesuaikan dengan kondisi anda. Kalaupun kita ingin memberi reward berupa komisi yang sudah dapat maka berilah kepada downline anda yang aktif dan prospektif.
3.Satu tips lagi dari postingan yang sama dari cosa adalah recommend, not promote..Harus kita sadari bahwa selama ini, pada saat anda berpromosi, mungkin lebih sering kita menjadi seorang sales (don’t get hurt please:-)). Kita selalu melebih-lebihkan program yang kita promosikan tanpa sekalipun menyebutkan kekurangan atau kelemahannya. Jadi mulai sekarang, be a realist. Silakan berpromosi namun berdasarkan testemoni atau pengalaman yang anda peroleh selama anda mengikuti program tersebut..
4.Anda juga bisa memberikan tips kepada referral anda mengenai cara-cara jitu dalam meningkatkan pendapatan di program-program yang anda tawarkan. Perlu juga tips-tips yang anda tahu tersebut anda posting ke blog anda. Ini salah satu cara untuk menjaring calon refferal anda.


Semoga anda bisa mendapatkan referral sebanyak-banyaknya dan seaktif-aktifnya. Percuma juga punya referral banyak tapi tidak aktif hehehe..Wah, saya kok jadi kepengin nulis tentang kenapa sih referral-refferal anda itu menjadi tidak aktif atau malah non aktif??
Hehehe..Lain waktu aja deh ya..Goodluck!!

12 comments:

  1. tengkiu perumnas juga mas.sukses selalu ya

    ReplyDelete
  2. Perhitungan penghasilan dan system yang di tawarkan KlikRupiah tidak ada bedanya dengan Bux.to dari sistem perhitungan klik sampai bonus referal, hanya berbeda di nilai klik saja! dan untuk detail nya saya pastekan berikut :

    Bagaimana anda mendapatkan uang?

    Anda lihat iklan dihalaman “Lihat Iklan “. Setelah waktu 45 detik sudah tercapai maka anda akan melihat tanda “cek list” atau tanda “X”. Jika tanda “cek list”muncul maka anda akan mendapatkan uang Rp 100 (Rp 150 Premium) tapi jika anda melihat tanda “X”maka anda tidak mendapatkan uang. Anda mendapatkan tanda “X”dikarenakan anda buka iklan yang sama atau buka beberapa iklan dalam waktu bersamaan.
    Anda hanya diijinkan melihat iklan yang sama setelah 24 jam.

    Bagaimana Sistem perhitungan Bonus?

    Di Klikrupiah.com , anda kami bayar setiap klik iklan yang ada.
    Prosesnya cukup mudah! Cukup klik link dan lihat website untuk 45 detik untuk mendapatkan penghasilan. Anda juga dapat mengajak teman anda untuk ikutan. Anda akan mendapatkan Rp 100 untuk setiap website yang anda lihat dan Rp 50 untuk setiap referral lihat website. Pembayaran bisa kapan saja dan akan kami proses lewat Bank
    BCA
    dan Mandiri. Mimimal pembayaran Rp50.000.

    Contoh pendapatan

    » Anda klik 10 iklan per hari = Rp 1000
    » 20 referrals klik 10 iklan per hari = Rp 10000
    » Pendapatan harian anda = Rp 11000
    » Pendapatan mingguan= Rp 77000
    » Pendapatan bulanan= Rp 330000
    » Pendapatan pertahun= Rp 3960000

    Ini adalah contoh dengan pendapatan anda dengan referral 20 member,kadang kadang iklan yang tampil bisa lebih atau kurang

    Kira kira seperti di atas lah perhitungan bonus ideal yang akan kita dapatkan jika semua berjalan dengan lancar! dan saya baru mengikuti program ini, jadi saya belum mendapatkan bonus untuk di publikasikan. namun bagi teman teman yang tertarik mengikuti PTC ini yah silahkan!

    Oh iya ada informasi tambahan, KlikRupiah mengadakan kontes referal sejak 31 Juli 2008 hingga 31 agustus 2008 menyambun HUT RI :

    Ini peraturan yang harus anda ikuti dan laksanakan :
    1.Referral anda harus dari IP yang berbeda,itu udah ada dalam TOS.
    2.Dilarang mereferralkan diri sendiri.
    3.SPAM sangat tidak diperbolehkan,jika ada kompalin dari pihak lain yang ada indikasi dari anda,maka akun anda di klikrupiah.com kami hapus.
    4.Peraturan lain - lain yang belum dijelaskan akan diatur kemudian dan peraturan ini bersifat mengikat bagi semua member Forum KlikRupiah.com tanpa pengecualian.
    5.Kontes referral di tutup 31 agustus 2008,jam 23.59 WIB

    Hadiah buat anggota yang mendapatkan referral terbanyak:
    3 orang mendapatkan masing masing @ Rp.50.000,langsung masuk akun anda

    Untuk memantau pemenang kontest, bisa anda lihat di forum klikrupiah

    Buat teman2 yang ingin join sekarang, silahkan klik link berikut

    http://klikrupiah.com/register.php?r=ajohan

    ReplyDelete
  3. mas johan, makasih infonya..
    makasih dah ngiklan di blog saya:-)

    ReplyDelete
  4. makasih banyak nih mas
    saya juga lagi cari referal nih,,n lumayan sulit juga. Selain beli saya pengen mendapatkan referal yang bener2 aktif..

    Thanks banget tips nya...
    Selamat menjalankan ibadah puasa...

    ReplyDelete
  5. good. jadi penambah semangat untuk terus berbisnis online

    o iya ini ada investasi terbaru. Gue baru aja join seminggu uda dapet150 ribuan...liat ya...

    www.investasikeluarga.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. good. jadi penambah semangat untuk terus berbisnis online

    o iya ini ada investasi terbaru. Gue baru aja join seminggu uda dapet150 ribuan...liat ya...

    www.investasikeluarga.wordpress.com

    ReplyDelete
  7. bisa juga dengan cara masang iklan di program ptc tersebut, saya ikut program dari payingptr, dan saya juga ikut di comfortableincome, nah di comfortableincome uang atau credit saya udah cukup untuk masang iklan disitu, jadi saya gunakan untuk pasang link saya dari paying ptr, nah bisa juga sebaliknya, jadi sama sama bisa iklan dari hasil credit kliik klik kita sebelumnya. kalo pake cara silang ini kan bisa di liat sama PTC-PTC'ers lainnya.. hehe
    coba deh, pasti banyak yang nge klik link kamu, kan emang harus nge klik kalo pengen di bayar xDDDDDDD

    buat admin nya, nitip link saya ya hehe xP

    PTC dengan puluhan ads per hari, lebih banyak yang bisa di dapet neh asyik deh
    http://payingptr.com/pages/index.php?refid=2708100040

    PTC yang comfort
    http://comfortableincome.net/pages/index.php?refid=xxardi40xx

    ReplyDelete
  8. salah satu cara promosi (kurang baik) :/
    hehe
    silahkan diklik :)

    http://klikajadeh.com/?r=adimahendra

    ReplyDelete
  9. Nahh kebetulan.. indostarbux ku butuh refferal nih!.. silakan bergabung. aku sdh hampir PO pertama nih! jadi deg2an banget... :p

    >> http://www.indostarbux.com/?r=putukartika <<

    Blog: http://maricaritahuptc.blogspot.com/
    ayo ramaikan blogku,, promosi2 di situ jg gpp.

    Kaskus: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8648525

    terima kasih! GBU

    ReplyDelete
  10. ptc ini sudah terbukti membayar gan,

    untuk member standar:
    per klik $0,006
    per klik rental referal $0,003
    per klik direct referal $0,003

    http://www.vilvin.net/?ref=myindra

    ReplyDelete
  11. Tips yang bagus sobat, saya setuju menjadi upline yang baik

    ReplyDelete

Thanks for Sharing and Comment Here..