Preferred

Friday, April 9, 2010

TIPS MENCARI END USER DOMAIN ANDA

Dear Rekans semua,

Lama juga ga ngapdet blog ini. Maaf seperti tersia-sia dan disia-siakan. Bukan maksud ane untuk seperti itu:-)

Selain lagi sibuk buanget di kegiatan offline (ketemu ini itu, ngerjain proyek, jadi pemerhati kasus jayus eh gabus eh sapa lah itu namanya :halah:) diriku juga lagi belajar banyak soal dunia domain.

Belakangan aku lagi hunting end-user buat prospek jualan domain-domainku.. Yang paling gampang ya ngirim penawaran ke pemilik domain yang sama tapi beda ekstensi aja. Misal kita punya iniibubudi dot com, nah tawarin ke pemilik iniibubudi dot net, org atau ekstensi lainnya..
Dari hasil nawarin itu dah ada satu - dua yang mbalesin email penawaran yang daku kirim sih. Ada yang bilang, wah maaf ga bisa beli wong aku juga mo jual domain itu bro; atau ada juga komisaris perusahaan software di Amerika Latin yang dah tanya "how much" --> trully, I like this conversation ^0^
Pas aku bilang "$350", dia reply lagi, "Kami cuma bisa nawar $150, gimana". Ta bales lagi, "Karena memang saya lagi clearence abis2an so $150 juga ok. Let's start this transaction.."
Nah, sempet putus komunikasi tiga hari tuh.. Hmm, ni orang eh perusahaan keknya lagi ngumpulin duit tuh buat bayar $150:-)
Hari keempat dia reply lagi, "Well, perusahaan kami belakangan ini sedang sepi order dan saya juga sempet searching soal domain n sepertinya harga domain seperti yang anda tawarkan itu paling tinggi under $50.. Bagaimana kalo kita deal di harga $15?"
Hmm, di posisi begini kita harus ambil sikap. Take it or Leave it!
Gue balesin lagi, nama domain ini masih banyak yang nyari dan untuk end-user harga segitu sangat wajar coz rata-rata mereka adalah perusahaan kelas kecil sampai medioker. So, mohon maaf kalo permintaan anda jelas akan saya rejected. We're sorry! If you're not interested dealing with the price we agreed first, we'll contact our next candidates"

Memang harus banyak sabar nyari end-user buat nama domain yang kita punya.. Namanya juga usaha, ya harus dijalani termasuk resiko seperti penolakan dan penawaran yang afgan banget.. Tapi selama tawaran dari end-user itu menghasilkan ROI yang lumayan ya mending kita lepas aja. Lumayan, buat biaya renewal domain kita yang lain atau buat beli domain bagus yang lain di aftermarket:-)

O, iya..Jika anda punya nama domain dan lagi nyari end-user kayak saya, ada beberapa tips:

1. Cari di mesin pencari seperti Paman Gugel. Ketikkan nama domain anda tanpa ekstensi. Perhatikan hasilnya yang kira-kira sesuai (nama perusahaan kah atau nama lembaga, dll). Untuk hasil lebih detil lagi coba ketikkan nama domain anda dengan quote ("...."). Catat dan eksplore hasilnya. Anda juga bisa mencatat pemilik nama domain yang berbeda ekstensi. caranya? Ketikkan nama domain anda di situs domain service kayak Dynadot, GoDaddy, Name atau Moniker. Saya sendiri lebih suka ngecek di Dynadot yang sederhana featurenya (ga nyambi jualan lainnya kayak GoDaddy) karena hasil carinya lebih cepat. Jika ingin mencari pemilik cc-tld names, anda bisa ngecek di Moniker.

2. Coba juga pencarian anda di situs jejaring yang anda punya. Manfaatkan semua fasilitas itu. Situs tersebut seperti: twitter, linkedin, fesbuk dll.. Di linkedin anda bahkan bisa langsung mencari dan kontak langsung dengan CEO perusahaan target.

3. Jika dah dapat website prospek, anda bisa mencari tahu alamat imel mereka di: WhoIs. Sebagai tambahan, kunjungi website prospek kita tersebut, catat alamat kontak mereka juga. Nanti bisa anda CC kan pada saat anda kirim email penawaran ke mereka.

4. Mulai cari contoh sales letter untuk nama domain. Bisa dioprek di PasarDomain, NamePros dan forum domain lainnya.

5. Modifikasi, pelajari dan segera kirim email penawaran anda. Jangan lupa, kasih deadline kapan end-user tersebut harus mereply email anda. Saya juga biasanya tidak mematok harga untuk email pertama. Jika prospek tertarik biasanya mereka akan mereply dengan "How much" --> I like this sound hehehe..Jika sudah begitu, anda bisa mereply dengan harga tertinggi menurut anda tapi yang paling rendah menurut mereka (hihi, pikir ndiri ya).

6. Jika transaksi dah oke dan deal, biasanya mereka minta transaksi dengan escrow service. Anda bisa mengarahkan transaksi dengan menggunakan jasa Sedo atau Moniker. Biasanya mereka minta fee 10% dari total transaksi. Jadi, perhitungkan unsur fee escrow ini di dalam harga yang anda tawarkan.

7. Congrats kalo dah deal dengan aman.. jangan lupa sisihkan 2,5% buat orang-orang yang lebih berhak di sekitar kita (lebih dari 2,5% juga lebih bagus kok). Mereka juga berhak merasakan keberhasilan kita..Oke, bro and sis..

8. Tahan, lepas, tahan, lepas..Welah, sori yang nomer 7 mah buat bahan bikin tulisan yang lain wkwkwkwk...

Keep practice, keep learning, keep sharing.. Insya Allah akan dapat ganjaran yang lebih baik dan lebih besar.

jangan lupa kasih tau kalo anda dah berhasil njual ke enduser ya.. ^--^
Good luck everybody..Let's do it more!!

5 comments:

  1. wah sharing yg mantep ni mas..sy jg lg seneng belajar segala hal tentang domain mas..keep bloggin..

    ReplyDelete
  2. @Yusa: makasih mas dah mampir.. dunia perdomainan di Indonesia sekarang lagi booming, fasilitas dan segalanya mulai tertata dengan baik. Semoga ke depan dunia domain Indonesia semakin cerah..

    ReplyDelete
  3. Nice information....

    keep good work...

    ReplyDelete
  4. @Linuxer: thanks for visiting..
    Let's keep sharing..

    ReplyDelete

Thanks for Sharing and Comment Here..