Preferred

Tuesday, June 22, 2010

TIPS TRANSFER DOMAIN KE LAIN REGISTRAR

Bro and sis,

Pasti dah tau berita soal Verisign bakal menaikkan harga .com's dan .net's mulai tanggal 1 Juli 2010. Kurang lebih seminggu lagi harga .com bakal naik antara 4%-6% sedangkan harga .net naik tidak kurang dari 10%.

Well, pastinya ini bakal menaikkan biaya registrasi baru or perpanjangan domains kita semua. Belum lagi TDL dari PLN juga bakal naik hehehe, tapi itu sih lain cerita ya:-)

Saya sendiri dalam sebulan terakhir ini harus merenew domains yang sekiranya masuk kriteria wajib perpanjangan. Ada yang tetap direnew di registrar yang sama, tapi ada juga beberapa domains yang harus saya transfer keluar dari registrar yang lama. Pertimbangan saya pada saat harus transfer out domain terutama karena kredibilitas calon registrar baru dan tentu harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding registrar sebelumnya atau registrar lain. Saya sendiri lebih menyukai GoDaddy dibanding registrar lain untuk memelihara beberapa dot com saya. Mereka banyak menawarkan promo code dan bahkan ada trit khusus tentang GoDaddy promo code di beberapa forum domainers..

Oke, berikut ini langkah-langkah sederhana pada saat kita akan transfer domain ke registrar baru. Dalam kasus ini dari P*oC***** dan So***Do**** ke G*Daddy untuk domain JanganBugil.com (misal saja, masih available tuh!) dengan email administratif: info@janganbugil.com.

1. Login di registrar lama, klik JanganBugil.com untuk melihat detil secara lengkap. Klik pada tab "Authorization Code: Sent to Email". Kode tersebut akan dikirimkan ke email: info@janganbugil.com. Cek email anda tersebut untuk memastikan anda menerima kode tersebut. Pada registrar lama jangan lupa untuk melepas kunci domain dengan cara mengklik tab "Unlock" pada JanganBugil.com











2. Bukalah website GoD**dy dan klik pada tab "Domains" --> "Transfer Domain". Ikuti perintah yang diberikan termasuk mengetikkan nama domain yang akan kita transfer ke GoD**dy. Kita akan diminta untuk memasukkan "Authorization Code" yang tadi telah dikirimkan ke administratif email. Selanjutnya mereka akan mengirimkan kode "Transaction ID" dan "Security Code" ke alamat email: info@janganbugil.com. Kode tersebut diperlukan untuk menyelesaikan proses transfer domain sekaligus sebagai pembuktian bahwa kita adalah pemilik yang sah dari domain yang akan ditransfer tersebut.

3. Selanjutnya kita kembali lagi ke GoD**dy. Klik tab "Pending Transfers", lihat pada sisi kanan atas sampai anda melihat tab "Authorization", klik pada tab tersebut. Selanjutnya masukkan kode "Transaction ID" dan "Security Code" seperti yang telah dikirim via email: info@janganbugil.com.





4. Done..!! Jika semuanya lancar maka GoD**dy akan menyelesaikan transfer domain janganbugil.com dalam jangka waktu 3-8 hari. Bro and sis tinggal tunggu ajah.. Abaikan saja email konfirmasi dari registrar sebelumnya yang menyebutkan bahwa ada usaha untuk melakukan transfer keluar untuk domain janganbugil.com.

Well, seperti yang dibilang di atas bahwa sebenarnya melakukan transfer ke lain registrar tidak membutuhkan waktu lama dan proses yang sulit atau rumit.. Tugas anda sekarang adalah melakukan sedikit review terhadap kinerja dan kenyamanan yang diberikan registrar anda sekarang ini. Jika dirasakan tidak nyaman, jangan ragu untuk melakukan transfer out sekarang juga. Sebelum harga .com dan .net naik lho..!!!

Keep sharing ya...

No comments:

Post a Comment

Thanks for Sharing and Comment Here..