Preferred

Thursday, February 25, 2010

HATI-HATI MEMILIH PARTNER BISNIS ONLINE ANDA..!!

Dear all,

Sebagai komunitas bisnis online, kita memang kudu tetap waspada. Jangan pernah lepas kendali dan terlalu senang dulu jika proyek bisnis online kita "meet our expectations". Masih ada tugas lain sebelum kita memutuskan sesuatu itu baik atau buruk bagi keberlanjutan bisnis tersebut, seperti selalu bertanya dan mencari tahu apakah bisnis yang ditawarkan itu bukan scam.

Minggu lalu saya kebetulan ngebid satu proyek di satu situs freelancer yang menawarkan tentang kerjasama dalam hal jual beli iphone di eBay. Si pembuat project mensyaratkan bidders harus punya positive feedback akun di ebay 100% dan harus lebih dari 50. Lewat satu hari ada email dari pembuat project bahwa dia terkesan dengan reputasi saya di eBay. Dia nanya kapan saya siap bekerjasama. I'd said " immediately!!" Dia kemudian ngirim deskripsi tiga barang yang harus dijual di eBay lengkap dengan fotonya. Tugas saya adalah listing barang tersebut dengan format 1 day auction dengan starting price only $0.99 dan tanpa reserve price.. Setiap barang yang terjual saya bakal dapat 7,5% dari harga barang di luar fee eBay dan PayPal atau 12% jika included fees. Dia berencana menjual 10-15 iphone per minggu. Dihitung-hitung saya bakal dapat $75 - $150 per minggu jika sukses berjualan model begini. Well, menurut saya itu ide gila tapi kata dia itu bakalan menarik minat bidders. Ok lah kalo begitu..Ga pake lama, 3 iphone sudah dilisting dari akun eBay saya.. Mudah-mudahan rejeki.

Saya juga ga ngerti kenapa aku percaya dia so untuk memastikan kredibilitas dia, aku minta dia ngirim pesan dari akun eBay dia ke akun eBay saya. Dan, dia benar-benar mengirimkan pesan dari akun eBay dia. Dari feedback yang ada dia punya 300 an positive feedback dengan 1 negative feedback. Saya cek semua feedback nya, well dia selama ini memang bisnis barang tersebut. Satu negatif didapat gara-gara barang yang dia jual tidak sampai ke tujan dengan alasan alamat pembeli tidak lengkap. Dia lakukan full refund sejumlah uang ke pembeli tapi dia tetap dapat negatif.

Begitu lelang selesai, semua barang terjual dengan harga rata-rata $500, dengan total sekitar $1500!! Dia bilang itu dah masuk dalam hitungan dia dan dengan harga segitu dia masih dapat untung. Dia janji akan mengirimkan barang secepatnya setelah menerima uang pembayaran dari buyers. Untuk itu dia minta saya untuk meminjamkan akun PayPal lengkap dengan password nya sebagai sarana dia mengambil uang buyers. Terus terang saya keberatan, saya minta dia pake PayPal nya saja, duit dari buyers yang masuk akun PayPal saya akan langsung saya kirim ke PayPal dia.. But, dia bilang dia ga ada lagi akun PayPal karena bermasalah dengan itu sebelumnya. Saya mulai curiga. Apalagi pada saat dia minta transfer uang tersebut via Western Union (WU), hmmm kecurigaan semakin menjadi.

Saya langsung tanya ke CS situs freelancer tadi mengenai status project dia di atas. Sang CS minta detil project dan nama pembuat project nya..Hasilnya, sang CS bilang itu salah satu bentuk scammer dan sebisa mungkin barang yang dijual di eBay tadi dibatalkan saja jika belum berakhir. Semua mekanisme project seharusnya melalui sepengetahuan situs tersebut sehingga project creator dan pemenang project memiliki keterikatan secara legal!!

Saya bilang padanya untuk bisa mengirimkan barang terlebih dahulu kepada buyers sehingga saya bisa segera mengirimkan uang melalui PayPal. Saya bersikeras agar transaksi tujuan transfer adalah akun PP dia. Saya bilang sebagai eBay seller, ga mungkin dia tidak memiliki akun PP yang verified karena itu salah satu syarat menjadi eBay seller. And she's not respond my messages after I said so.

Tanpa menunggu lebih lama, saya jelaskan situasi ini kepada buyers. Saya bilang akan melakukan full refund dan membatalkan transaksi. Dua buyer menyatakan setuju, satu buyer langsung melakukan dispute dan memberikan feedback netral di akun eBay saya:-( Well, it's okey lah. Yang penting duit buyers itu ga sempet kukirim ke scammer tadi n saya sesegera mungkin melakukan refund.

So pren, kita memang kudu selalu waspada jika kita berniat terjun di bisnis online ini. Makin banyak cara orang mencari mangsa dengan menipu orang lain.

Berikut beberapa tips agar terhindar dari penipuan berdasarkan pengalaman saya di atas:

- Pahami cara kerja situs bisnis online anda. Jika anda newbie, tak ada salahnya anda kontak CS mengenai hal-hal yang anda belum pahami. Di situs freelancer yang saya ikuti, kita bisa kontak CS secara online sehingga pertanyaan dan ketidaktahuan kita bisa langsung dijawab petugas CS.
- Selalu tanyakan secara detil perjanjian kontrak kerjasama termasuk masalah hak dan kewajiban kita selaku partner.
- Jangan pernah memberikan akun dan password PP atau detil CC anda kepada partner anda. Bagi saya ini adalah awal dari tindakan scam, apapun alasannya!!
- Mencari tahu secara detil profil partner anda sebelum memutuskan untuk bekerjasama. Anda bisa bertanya kepada mesin pencari dengan mengetikkan nama partner anda. Lihat dan pelajari hasil pencarian tersebut.
- Usahakan transaksi dilakukan melalui PP. Meskipun kadang PP bersikap berlebihan (pada beberapa kasus yang saya baca) tapi sampai saat ini PP merupakan salah satu alat pembayaran terbesar dan teraman di jagad online.. Kita bisa meminta kembali uang kita jika ternyata partner kita menipu kita. Semua dijamin oleh PP.

Banyaknya scammers bukanlah suatu halangan bagi kita untuk tetap berbisnis online. Kita hanya perlu mewaspadai dan selalu curiga terhadap sesuatu tawaran yang sepertinya terlalu indah untuk menjadi kenyataan (too good to be true!!). Jika itu yang terjadi maka biasanya itu scam.

Dah terlalu panjang postingannya:-)
Met berbisnis online ya

10 comments:

  1. @belajar mencari uang: thanks bro for visiting here..will visiting u back

    ReplyDelete
  2. wah udah benar-benar merambah ebay ni mas..keren bgt pengalamannya..thanks for sharing..

    ReplyDelete
  3. @yusa: baru coba-coba mas.. belum sepenuhnya bisnis di eBay:-) thanks dah mampir mas

    ReplyDelete
  4. menyenangkan pabila bisa jualan di eBay, tapi sayang erna beloem bisa mengerti hal tersebut.

    Sungguh menarik ulasannya diatas, mungkin bisa sebagai ilmu untuk erna nantinya ini.
    Koq bloqnya PR nya turun sobat ?

    ReplyDelete
  5. @erna: iya nih mbak, gara-gara ga konsisten update blog n dipake buat pait ripiu kali:-)
    ga papa kok, ide awalnya emang blog ini buat media berbagi ke rekans semua, mumpung dapet PR dipake buat nyari duit sekalian hehehe..

    ReplyDelete
  6. Wah sip bgt nih infox,,btw ada posting ikutan aktif di Ebay gak nih?Pengen belajar nih,,wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Makasih atas sharingnya ... kalo bisa postingan sperti ini lebih sering tampil ... coz buat pembelajaran buat newbie2 seperti saya. :)

    ReplyDelete
  8. @Just Feel Free: trims kembali bro..hmm, tentang eBay ya? selama ini daku juga aktif jual beli di eBay tapi belum sempet nulis, nanti deh ya:-)

    @gratisan: kembali kasih bro.. maaf dah jarang bertamu di sana n dimana-mana.. ups, ternyata ane bikin postingan aja juga jarang kok hehehe..

    ReplyDelete
  9. Menarik sekali Info, Tips dan Artikelnya. Semoga bisa di coba .Semangat!

    ReplyDelete

Thanks for Sharing and Comment Here..