Preferred

Monday, August 11, 2008

BLOG MERAH HITAM TIFOSI MILAN

Awalnya saya hanya penasaran pengin melihat daftar 100 blog yang direview Lae Zalukhu (sapa tau ada nama blogku di situ wakakak). Mendadak daku terpaku pada blog di urutan 80, blog yang dari namanya pasti mengulas abis tentang sepakbola. Dalam hati, saya berencana untuk membuat review tentang blog ini, walau jelas sangat sederhana, sesuai kemampuan saya yang baru belajar ngeblog (awas jangan salah baca, bukan ngegoblog apalagi goblog ^--^).

Walaupun saya berbeda haluan soal sepakbola dengan blog mas sugeng, karena saya terlahir sebagai tifosi sejati Internazionale Milan (Inter Milan), namun saya justru tertantang untuk bikin review pada blog tifosi Milan:-) Begitu sampai di blog ini, saya terkesima. Saya asli salut dengan desain blog ini (bisa nyariin tema yang khusus Inter Milan ga mas:-)). Bahkan karakter blog ini makin diperkuat dengan adanya logo dan foto para punggawa Milan sebagai header blog ini. Sampai-sampai saya merasa berada di Stadion San Siro, Milano sejenak menjadi gila bersama para tifosi pada saat Milan bertanding lawan Inter Milan:-) Sekali lagi kalau soal desain blog, saya pikir sudah sesuai dengan tema blog, semuanya menyala merah, menebar aroma keberanian klub dan tifosi-nya. Jangan main-main, ini blog tifosi Milan, bung!! Saya juga sepakat dengan Lae Zalukhu untuk menjuluki blog ini sebagai blognya si jago merah.

Walaupun demikian, saya juga berusaha menjadi reviewer sejati. Selain mengungkapkan sisi positif, perlu juga memberi masukan demi kebaikan blog ini.

1.Tentang Kategori

Pada fitur kategori sebenarnya sudah cukup lengkap dan informatif. Jadi usulan saya berikut ini boleh diterima boleh juga ditolak LoL Mas sugeng bisa lebih mengeksplor data dan fakta seputar Milan dengan menambahi label ”Fakta Seputar Milan”. Selain mengulas lebih detil mengenai stadion kebanggaan, bisa juga ditambah data tentang training ground beserta fasilitasnya. Biasanya klub Eropa punya tempat latihan tersendiri yang merupakan bagian dari sejarah kesuksesan klub tersebut.

Atau fakta seputar kostum putih-putih Milan yang dipercaya mampu menghasilkan kemenangan bagi Milan jika bertanding di event penting (betul ga ya??). Selain itu, apresiasi pengunjung setia anda dengan adanya ”Profil minggu/bulan/musim ini yang selalu diupdate. Di sini bisa dibahas mengenai pelatih atau pemain Milan, baik pemain senior (sudah lama di klub) ataupun new comers. Label hall of fame yang sudah ada kayaknya bakal lebih menarik jika ditambahi data pelatih terlama atau tersukses dalam sejarah Milan. Untuk itu label player hall of fame bisa diganti menjadi (hanya) hall of fame sehingga kategori pelatih dan pemain tersukses Milan bisa dimasukkan di sini.

Sebagian besar pengunjung yang datang mungkin akan menanyakan mengenai sejarah klub sebesar AC Milan. Anda harus yakin bahwa sebagian pengunjung yang datang mungkin bukan penggemar Milan tetapi orang awam yang kebetulan singgah dan tertarik untuk membaca berita di blog ini (seperti saya..). Untuk itu ga ada salahnya jika anda menyuguhi mereka menu khusus tentang sejarah klub. Sekedar catatan, saya tertarik dengan fitur sejarah klub yang ada dalam game Championship Manager (CM). Saya suka maen game CM karena pada saat memainkan game ini saya sekaligus menjadi tahu tentang klub yang saya pegang berkat fasilitas dan fitur yang ada di game ini. Jadi, anda bisa nambahin sejarah AC Milan pada kompetisi yang diikuti seperti di Liga Italia, Piala Italia, Liga Champion, Piala UEFA, Piala Super, Club World Championship, Inter-Continental Cup, atau kejuaran lain yang penting bagi Milan. Oya, di blog anda sebenarnya sudah ada dalam label ”Club Profile” yang puanjang itu ^--^. Nah biar ga terlalu panjang, anda bisa mengelompokkannya menjadi beberapa postingan. Dan kalo bisa sih banyakin postingan yang versi bahasa Indonesia:-)

2.Tentang Blogroll

Saya pernah mengunjungi blog sejenis yang menampilkan blogroll dari situs resmi klub tersebut (Kalo AC Milan, www.acmilan.it ya??). Bakal lebih keren tuh!!

3.Tentang Lainnya

Blog ini (masih) pelit sama iklan hehehehe..Perlu juga dicoba untuk mulai memberikan ruang bagi iklan. Pilih aja yang sesuai dengan tema blog..Atau jika perlu minta masukan ke mas persikers yang ciamik menggabungkan soal sepakbola dan bisnis online.. Mayan kan buat nambah-nambahin ongkos beli tiket terusan pertandingannya Milan LOL

Kalo mau, anda bisa menambahkan fitur “Tahukah Anda?” atau “Did You Know?” yang tiap diklik bakal menampilkan berita/fakta update tentang AC Milan.

Catatan penting bagi saya:

Setelah membuat review tentang blog ini dan ikutan KONTES REVIEW REVIEW yang diadakan oleh Lae Zalukhu, saya kok menjadi tertantang untuk membuat blog serupa tentang musuh abadi sekaligus saudara sedarah Milan yaitu Internazionale Milan. Bukan untuk menyaingi, tetapi untuk mengamini filosofi para tifosi klub apapun, bahwa menjadi tifosi berarti mencintai klub apa adanya, baik pas lagi menang atau kalah. Menjadi tifosi klub berarti juga mampu memberikan kritik dan saran yang baik. Salah satunya adalah dengan membuat blog seperti yang dilakukan Mas Sugeng, sang tifosi Milan. Jangan niru kayak suporter di negri antah-barantah itu, mo klub yang disuporteri kalah atau menang, tetep aja bikin keributan!! Oya, sebelum kelupaan mungkin mas sugeng bisa sekalian ngebetulin istilah di header blog yang bunyinya “Info Ac-Milan “ menjadi “Info AC Milan”. Arti Ac dengan AC beda banget lho mas..

5 comments:

  1. Makasih dah ikutan Kontes Reviewnya yah.. :) ditunggu pengumumannya tanggal 17 Agustus.. menang ga menang ntar juga bakal mendapatkan hadiah spesial :) hehe

    ReplyDelete
  2. blog nya bagus, mau iklanin blog kamu di MIRC? Kunjungi http://www.dn12-way2rich.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. yup..sama-sama lae zalukhu. sukses buat blognya dan semoga gw menang euy:-)

    mas dna: trims dah berkunjung..sering-sering maen ya

    ReplyDelete
  4. Wah makin rame blog tentang bola. Kalau aku Chelsea, cuma blognya belum..

    ReplyDelete
  5. wah mas DG, aku jan-jane punya 4 klub fave; 3 di Eropa, 1 di Indonesia..
    Kalo di Itali: Inter Milan, Kalo di Inggris: Chelsea, Kalo di Spanyol: Real Madrid, Kalo di Indonesia: Persija..

    Sayangnya, aku juga belum punya blog khusus tentang klub-klub tersebut:-(

    ReplyDelete

Thanks for Sharing and Comment Here..