Preferred

Saturday, October 11, 2008

ZIDDU BERUBAH MENJADI ATTACKING SITES?



Saya sebagai salah satu pengguna jasa ziddu, akhir-akhir ini merasa terganggu dengan selalu errornya situs tersebut. Padahal situs itu adalah salah satu favorit saya untuk upload file-file yang berhubungan dengan postingan dalam blog ini. Terpaksa beberapa skedul upload files tertunda sampai sekarang. Akibatnya beberapa rencana postingan juga ikut tertunda;-( Sebenarnya bisa saja saya ganti ke situs penyedia jasa seperti ziddu, tapi entah kenapa saya masih malas (lagi-lagi) sign up .

Di beberapa kesempatan saya browsing tentang perkembangan terbaru ziddu, ternyata ziddu telah dilaporkan sebagai salah satu situs penyerang. Jika anda menggunakan Modzilla (seperti saya) sebagai browser anda maka jika anda mencoba mengakses ziddu maka Modzilla lewat Google akan mengantarkan anda ke halaman peringatan semacam ini: ”This site reported as attacking site!!” Anda diberi pilihan untuk tetap (nekat) mengakses situs ini dengan mengklik opsi ”Abaikan peringatan ini” atau memilih jalan aman dengan mengklik ”kabur!” sehingga jendela akan tertutup sendiri. Ada juga pilihan bagi anda yang kreatif yaitu memilih opsi ”mengapa situs ini diblokir?”. Saya sebut kreatif karena anda memilih penasaran daripada kabur untuk mengetahui lebih jauh tentang apa, bagaimana sebuah situs disebut sebagai situs penyerang. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman berisi informasi tentang situs penyerang.

Dari penjelasan Paman Google di halaman tersebut, saya bisa tahu kenapa Google menandai dan memblokir situs tersebut sebagai situs penyerang. Google mengindikasikan ada beberapa muatan ziddu yang mengandung program-program malware yang membahayakan pengunjung yang kebetulan mendownload file program tersebut. Sebetulnya langkah preventif Google ini bagi saya justru telah menyelamatkan banyak pengunjung dan pengguna ziddu yang mungkin awam dan tidak tahu banyak tentang program malware tersebut. Saya juga berpendapat bahwa ziddu sendiri mungkin juga tidak selalu memonitor file-file yang diupload oleh anggotanya sehingga bisa jadi ziddu tidak tahu menahu soal file-file malware ini. Tetapi apapun itu, secara etika memang ziddu sebagai situs penyedia jasa seharusnya mengetahui dan memonitor kegiatan yang dilakukan anggotanya. Paling tidak hal semacam ini harus diatur dalam ketentuan dan persyaratan (term of service) di situs mereka sehingga mereka berhak untuk menutup akun anggotanya yang melanggar ketentuan dan atau melaporkan penyalahgunaan anggota tersebut.

Paman Google sendiri dkabarkan telah memberi solusi kepada ziddu untuk segera membenahi fasilitas di situsnya sehingga bisa mendeteksi keberadaan program-program malware sehingga tidak kadung menyebar ke internet. Mereka juga diminta untuk menyelesaikan kasus beberapa file-file malware tersebut. Jika hal-hal tersebut sudah dipenuhi oleh ziddu maka Google akan melepas label attacking sites dari tubuh ziddu. Khusus bagi anda member ziddu yang kreatif (atau penasaran) silakan mencoba memilih opsi untuk tetap mengakses situs ini. Kemudian cobalah untuk login seperti biasa. Tunggu beberapa saat, dan hasilnya.”Halaman situs yang anda cari tidak ditemukan”. Cobalah beberapa kali sampai anda percaya bahwa ziddu memang masih diblokir Google;-)

13 comments:

  1. coba badongo.com gratis kaya ziddu tapi kita ga dibayar :) gpp kan yg penting bisa upload file ga terbatas :)

    ReplyDelete
  2. gile bener google, gimana caranya ngelacak ya, tapi lumayan lah buat yang ga masang antivirus :)

    @rio, yang bikin ziddu menarik karena kita bisa dapat bayaran hehehe

    ReplyDelete
  3. Rio: trims infonya..just like mas koerni said: saya pgn nyari situs gratis sejenis yang juga mbayar kita hehehehe..
    Koerni: itu lah Paman Google..kok mereka tau ya:-)
    sukses all

    ReplyDelete
  4. iya nih mas, kapan ziddu bakal bener padahal banyak bgt link sy yg ke ziddu..

    ReplyDelete
  5. sekarang ziddu dah balik normal kok.

    ReplyDelete
  6. Mas Yusa: don't worry bentar lagi paling dah balik normal kok
    Mas PPC: kalo dah normal berarti berita bagus tuh:-) trims infonya

    ReplyDelete
  7. Infonya menarik ... ada tidak program lain yang mirip ziddu ??? kalo tidak salah ziddu pakai paypal ya ???

    btw maaf baru bisa mampir kesini ... :)

    ReplyDelete
  8. mas gratisan: saya belum cek lagi situs sejenis ziddu. mungkin rapidshare bisa buat alternatif sementara..trims dah mampir dan komen bro

    ReplyDelete
  9. Eh ada info download hosting lagi tidak ??? selain rapidshared dan ziddu mungkin ???

    ReplyDelete
  10. waduh sori bro gratisan, aku juga belum dapet lagi info tentang itu..entar kalo dah dapet ta share deh..mungkin rekans laen ada yang tau soal ini?

    ReplyDelete
  11. Woi para pengguna Ziddu, dah pd dpt brp $$$ nieh?

    share hsl earning kalian yuk!!!

    ReplyDelete
  12. hihihi..jadi malu kalo ditanya hasil earning di ziddu..Maklum belon ada beberapa bulan gabung eh keburu diblokir Google..Aku mah $4 juga belon ada..Jadi ya gpp deh kalo tiba-tiba hasilnya ilang gara-gara ziddu ngabur:-)

    ReplyDelete
  13. tutekx: makasih dah ngiklan ya :-)

    ReplyDelete

Thanks for Sharing and Comment Here..